Piramida.id
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Terms
  • Policy
Selasa, Juni 17, 2025
  • Kabar Desa
  • Dunia
  • Ekologi
  • Dialektika
  • Sopolitika
  • Sorot Publik
  • Lainnya
    • Ekosospolbud
    • Pojokan
    • Sains
    • Spiritualitas
No Result
View All Result
  • Kabar Desa
  • Dunia
  • Ekologi
  • Dialektika
  • Sopolitika
  • Sorot Publik
  • Lainnya
    • Ekosospolbud
    • Pojokan
    • Sains
    • Spiritualitas
No Result
View All Result
Piramida.id
  • Berita
  • Dialektika
  • Dunia
  • Edukasi
  • Ekologi
  • Ekosospolbud
  • Kabar Desa
  • Pojokan
  • Sains
  • Sopolitika
  • Sorot Publik
  • Spiritualitas
Home Dialektika

Langganan Berbayar, Pilihan Realistis Model Bisnis Media di Indonesia

by Redaksi
29/01/2022
in Dialektika
105
SHARES
752
VIEWS
Bagikan ke FacebookBagikan ke WhatsappBagikan ke Telegram

PIRAMIDA.ID- Dalam satu dekade terakhir, pencarian model bisnis merupakan pekerjaan rumah terbesar bagi pengelola industri media, tak terkecuali di Indonesia.

Iklan merupakan sumber pendapatan yang ratusan tahun membiayai perusahaan pers sebelum perkembangan teknologi menghantam sendi utama penopang industri media.

Salah satunya adalah ketika media sosial membuat peran media arus utama sebagai penyampai informasi dan entitas bisnis tergerus. Tak pelak, perusahaan lebih tertarik memasang iklan di akun-akun sosial media yang mempunyai pengikut besar dari pada memasang iklan di media massa. Penyebab utamanya adalah jumlah pengikut mereka yang tak jarang melampaui angka yang dimiliki akun sosial media yang dikelola perusahaan-perusahaan media arus utama.

Untuk tetap bertahan, berbagai media daring akhirnya mencoba mengembangkan berbagai jenis model bisnis yang beragam. Media mulai dari memaksimalkan iklan digital seperti banyak yang dilakukan media digital dengan bantuan aplikasi yang disediakan mesin pencari, menerapkan langganan berbayar seperti Katadata dan Kumparan, hingga mengumpulkan sumbangan publik seperti media dari Inggris The Guardian.

Namun, di tengah tantangan yang dihadapi media di tanah air saat ini, penulis yang meneliti praktik jurnalisme berpendapat bahwa model langganan berbayar merupakan opsi yang saat ini paling realistis bagi media daring. Tak hanya untuk menyelamatkan perusahaan pers, tapi lebih penting lagi untuk menjaga kelangsungan jurnalisme yang berkualitas demi pencerahan publik.

Menjaga kualitas

Sejumlah survei yang digelar dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan sistem ini cukup memberikan harapan bagi para pengelola media terkait model langganan berbayar.

Salah satunya, survei Reuters Institute, lembaga yang didedikasikan kantor berita Reuters untuk penelitian dan pengembangan jurnalisme, yang dipublikasikan dalam Digital News Report 2020, bertajuk “How and Why People are Paying for Online News” (Bagaimana dan Mengapa Orang Membayar Berita Daring?).

Dari 4.000 responden di Amerika Serikat dan Inggris, 20% di antaranya pelanggan berbayar media online. Padahal, mengkonversi 5% pengunjung menjadi pelanggan berbayar merupakan sebuah pencapaian luar biasa.

Laporan Reuters tersebut juga menyebutkan, peningkatan jumlah pelanggan berbayar terjadi sejak Donald Trump disumpah sebagai Presiden Amerika Serikat, dan kian maraknya sebaran hoaks di negara itu.

Dari survei tersebut, alasan utama berkaitan dengan motivasi pembaca untuk berkontribusi menjaga kualitas jurnalisme yang mereka dapatkan dengan cara membayar.

Hampir 65% responden di Amerika Serikat dan Inggris mengatakan mereka membayar untuk mendapatkan produk jurnalistik yang berkualitas–yang tidak tersedia di laman berita gratis.

Lebih dari setengah responden di Amerika Serikat (52%) bahkan mengatakan bahwa alasan mereka karena ingin mempertahankan kualitas jurnalisme.

Beranjak dari temuan survei tersebut, dapat dikatakan bahwa sistem langganan berbayar dapat menjadi pembeda antara konten jurnalistik yang berkualitas dan yang tidak di dunia maya.

Konteks Indonesia

Meski survei dilakukan di Amerika Serikat dan Inggris, saya melihat potensi model langganan berbayar untuk kembali digalakkan di Indonesia.

Betul bahwa penerapan model bisnis ini menghadapi tantangan cukup besar. Banyak media yang telah berusaha menerapkannya tapi tidak berhasil.

Contohnya The Jakarta Post yang tahun lalu akhirnya harus melepas sebagian besar wartawannya karena bisnisnya turun.

Tantangan terbesar dari model langganan berbayar adalah kepercayaan masyarakat bahwa informasi yang mereka dapatkan di internet itu gratis karena sejak awal kemunculannya, media online di Indonesia tidak memungut bayaran.

Namun apabila media berhasil membangun kesadaran bahwa informasi berkualitas hanya bisa diperoleh dengan upaya sungguh-sungguh para pekerja media, saya percaya bahwa model bisnis ini bisa berjalan lagi.

Seperti Amerika Serikat, Indonesia juga menghadapi masifnya penyebaran hoaks dan disinformasi. Untuk menghantarkan informasi yang berkualitas, para pekerja pers mengorbankan waktu, tenaga, bahkan nyawa, sehingga perlu dihargai dengan layak.

Dua prasyarat utama untuk menerapkan sistem berbayar ini adalah kepercayaan dan kualitas.

Oleh sebab itu, saya merasa media yang sudah memiliki reputasi tinggi seperti Kompas, Tempo, dan Republika harus menjadi yang terdepan untuk membangun kultur berlangganan.

Fanatisme berbayar

Media-media besar memiliki lebih banyak pembaca loyal dan fanatik, yang relatif lebih mudah dikonversi menjadi pelanggan berbayar.

Di samping itu, dengan tradisi jurnalistik yang panjang, media-media tersebut memiliki sumber daya yang lebih memadai untuk menghasilkan berita-berita berkualitas, seperti laporan investigasi.

Laporan-laporan mendalam dan investigatif, yang mengungkap skandal dalam pengelolaan dana publik misalnya, menggugah rasa ingin tahu publik, sehingga lebih menjual dibanding laporan yang hanya berdasarkan wawancara semata.

Tentu bukan berarti media kecil dan lokal tidak bisa menerapkan sistem berlanggganan.

Laporan Poynter, lembaga non-profit riset dan pendidikan jurnalistik terkemuka di Amerika Serikat, pada penghujung tahun lalu, menyebutkan peningkatan pelanggan media lokal di negeri itu melampaui 50%.

Selain perubahan gaya hidup akibat pandemi COVID-19, yang kian mempercepat digitalisasi, menurut Poynter, media lokal memiliki kelebihan dalam personalisasi konten sesuai dengan kebutuhan audiens. Media lokal dapat menyoroti isu-isu keseharian, yang bersentuhan langsung dengan kepentingan pembaca mereka.

Jika media telah telah melakukan berbagai inisiatif, maka bola berada di tangan publik. Perlu dipahami bahwa problem pada industri media tidak semata mengancam jurnalisme dan mata pencaharian para pekerjanya. Tapi lebih jauh, berdampak pada kualitas kehidupan demokrasi.

Demokrasi yang sehat memerlukan media dan jurnalis yang kritis dan independen. Merekalah yang mengawasi tingkah polah para pemegang kekuasaan dan korporasi besar. Maka, menjadi pelanggan berbayar adalah salah satu bentuk kontribusi untuk demokrasi yang sehat.(*)


The Conversation

Tags: #koran#langganan#media#revolusijurnalistik
Share42SendShare

Related Posts

Pidato Lengkap Jefri Gultom di Dies Natalis GMKI ke-74: Bangkit Ditengah Pergumulan

26/02/2024

Bangkit Ditengah Pergumulan Pidato 74 tahun GMKI Jefri Edi Irawan Gultom Para peletak sejarah selalu berpegang pada prinsip ini, ‘’perjalanan...

Pewaris Opera Batak

11/07/2023

Oleh: Thompson Hs* PIRAMIDA.ID- Tahun 2016 saya menerima Anugerah Kebudayaan dari Kemdikbud (sekarang Kemendikbudristek) Republik Indonesia di kategori Pelestari. Sederhananya,...

Mengapa Membahas Masa Depan Guru “Dianggap” Tidak Menarik?

01/05/2023

Oleh: Agi Julianto Martuah Purba PIRAMIDA.ID- “Mengapa sejauh ini kampus kita tidak mengadakan seminar tentang tantangan dan strategi profesi guru di...

Membangun Demokrasi: Merawat Partisipasi Perempuan di Bidang Politik

14/04/2023

Oleh: Anggith Sabarofek* PIRAMIDA.ID- Demokrasi, perempuan dan politik merupakan tiga unsur yang saling berkesinambungan satu dengan yang lain. Berbicara mengenai...

Dari Peristiwa Kanjuruhan Hingga Batalnya Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20

03/04/2023

Oleh: Edis Galingging* PIRAMIDA.ID- Dunia sepak bola tanah air sedang merasakan duka yang dalam. Kali ini, duka itu hadir bukan...

Prinsip-Prinsip Disiplin Kelas

02/04/2023

Oleh: Muhammad Muharram Azhari* PIRAMIDA.ID- Pengertian disiplin menurut Elizabeth Hurtock mengemukakan bahwa; Disiplin itu berasal dari kata "discipline", yaitu seseorang...

Load More

Tinggalkan KomentarBatalkan balasan

Terkini

Berita

Kader IPK Taput Diduga di Aniaya Akibat Keributan di Purbatua

17/06/2025
Berita

Refleksi Hari Lahir Pancasila, Fawer Sihite: Kita Harus Dengarkan Hati Nurani Rakyat

01/06/2025
Berita

Kalah Sebagai Calon Ketua Umum, Fawer Sihite Pastikan Dukung Kepemimpinan Prima Surbakti dan Jessica Worouw di GMKI

28/05/2025
Berita

Aliansi Mahasiswa Siantar Se-Jabodetabek Akan Kepung Mabes Polri: Tuntut Penangkapan Wali Kota Wesli Silalahi

11/05/2025
Berita

Satgas Penertiban Kawasan Hutan (PKH): Penegakan Hukum atau Alibi Militerisasi Atas Nama Konservasi?

09/05/2025
Berita

Ketua Front Justice: Kepemimpinan Wesly Silalahi Dinilai Gagal, Siantar Mengarah ke Kemunduran dan Kota Gelap

07/05/2025

Populer

Dunia

Sumber Air Bersih dan Air Minum di Arab Saudi

07/06/2020
Dialektika

Prinsip-Prinsip Disiplin Kelas

02/04/2023
Berita

Aliansi Mahasiswa Siantar Se-Jabodetabek Akan Kepung Mabes Polri: Tuntut Penangkapan Wali Kota Wesli Silalahi

11/05/2025
Berita

Ketua Front Justice: Kepemimpinan Wesly Silalahi Dinilai Gagal, Siantar Mengarah ke Kemunduran dan Kota Gelap

07/05/2025
Ekologi

Mengenal Prof. Mr. St. Munadjat Danusaputro, Guru Besar Hukum Lingkungan Hidup

22/06/2020
Pojokan

Pesan Tersembunyi Ki Narto Sabdo Dalam Lagu Kelinci Ucul

23/09/2020
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Terms
  • Policy

© 2020-2024 Piramida ID

rotasi barak berita hari ini danau toba

No Result
View All Result
  • Kabar Desa
  • Dunia
  • Ekologi
  • Dialektika
  • Sopolitika
  • Sorot Publik
  • Lainnya
    • Ekosospolbud
    • Pojokan
    • Sains
    • Spiritualitas

© 2020-2024 Piramida ID

rotasi barak berita hari ini danau toba