Piramida.id
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Terms
  • Policy
Rabu, Juli 2, 2025
  • Kabar Desa
  • Dunia
  • Ekologi
  • Dialektika
  • Sopolitika
  • Sorot Publik
  • Lainnya
    • Ekosospolbud
    • Pojokan
    • Sains
    • Spiritualitas
No Result
View All Result
  • Kabar Desa
  • Dunia
  • Ekologi
  • Dialektika
  • Sopolitika
  • Sorot Publik
  • Lainnya
    • Ekosospolbud
    • Pojokan
    • Sains
    • Spiritualitas
No Result
View All Result
Piramida.id
  • Berita
  • Dialektika
  • Dunia
  • Edukasi
  • Ekologi
  • Ekosospolbud
  • Kabar Desa
  • Pojokan
  • Sains
  • Sopolitika
  • Sorot Publik
  • Spiritualitas
Home Berita

Hardiknas, PARKINDO Serukan Perombakan Substansial terhadap Arah Pendidikan di Indonesia

by Redaksi
02/05/2023
in Berita
104
SHARES
743
VIEWS
Bagikan ke FacebookBagikan ke WhatsappBagikan ke Telegram

PIRAMIDA.ID- “Mendapat hikmat jauh lebih baik dari pada mendapat emas, mendapat pengertian melebihi perak.” (Amsal 16:16)

“Manusia sempurna adalah manusia sebagai subjek. Sebaliknya, manusia yang hanya beradaptasi adalah manusia sebagai objek,” tulis Paulo Freire dalam bukunya, Pendidikan yang Membebaskan.

Subjek, menurut Freire, mengindikasikan manusia sebagai entitas bebas dan kritis kala berhadapan dengan realitasnya. Seseorang mampu bertindak bebas jika ia mengetahui keinginannya, perasaannya, dan pemikirannya. Ketika manusia gagal mengetahui dirinya sendiri, ketidaktahuannya akan menyeretnya pada penyesuaian diri atau adaptasi. “Adaptasi,” lanjut Freire, “merupakan bentuk pertahanan diri yang paling rapuh.” Seseorang menyesuaikan diri karena ia gagal mengubah realitasnya.

Hingga akhirnya, ia hanya bisa tunduk kepada penguasa-penguasa asing yang tidak dikenalnya dan mematuhi hal-hal yang tidak disetujuinya. Ciri manusia sebagai subjek adalah tanggap dan peka terhadap realitasnya, sebaliknya manusia sebagai objek ditandai oleh sikap pasif dan pasrah atas keadaannya.

Jika mengacu pada dua kategori manusia di atas, berat rasanya jika mengatakan mayoritas masyarakat Indonesia berada dalam kategori manusia sebagai objek. Sikap apatis pada persoalan-persoalan sosial, berkutat pada sektarianisme dalam diskursus politik, tetapi cerewet di media sosial menjadi karakteristik masyarakat kita.

Hal ini tidak mengherankan mengingat Indonesia dikenal sebagai bangsa pemalas dalam membaca. Akibatnya, kita mengalami kekosongan teoretis ketika menyikapi realitas sehingga menumpulkan daya kritis, mematikan imajinasi, dan melumpuhkan daya restorasi. Ujungnya adalah keseharian kita terjebak pada pragmatisme sekadar bertahan hidup.

Ciri di atas merupakan gejala—atau indikasi—kalau kita sedang mengalami krisis sumber daya manusia. Oleh sebab itu, salah satu solusi untuk mengentaskan persoalan ini adalah pendidikan. Namun, jika berkaca pada situasi terakhir, sulit rasanya menggantungkan harapan pada dunia pendidikan untuk menjalankan perannya sebagai pandu untuk menuntun kita menuju terang.

Fenomena dunia pendidikan kita baru-baru ini menunjukkan orientasinya masih berkutat pada birokrasi (dosen berkutat dengan penilaian angka kredit/PAK), permasalahan dosen melakukan plagiarisme karya ilmiah, dan paradigma pendidikan sebagai modal untuk menggalang pundi-pundi ekonomi. Artinya, pendidikan kita belum menyentuh substansi untuk menciptakan manusia sebagai subjek dengan kemampuan berpikir kritis, proaktif, dan berdaya restoratif.

Mengingat betapa krusial peran pendidikan untuk memajukan sebuah bangsa, Partisipasi Kristen Indonesia (PARKINDO) merasa terbeban untuk menyampaikan seruan.

Pendidikan merupakan salah satu faktor penyebab kekristenan mampu bertahan hingga sekarang. Sebelum bangsa Israel memasuki tanah Kanaan, Musa mewariskan kepada bangsa Israel adalah sebuah program pendidikan berskala nasional. Dia memerintahkan umat Israel agar mengajarkan firman Tuhan kepada generasi-generasi berikutnya setiap saat dan berkesinambungan (Ul. 6:4–6).

Kelak, warisan pendidikan tersebut akan menjadi investasi maha penting dalam kebudayaan Israel. Amsal 23:23 menuliskan, “Belilah kebenaran dan jangan menjualnya; demikian juga dengan hikmat, didikan dan pengertian.” Oleh karena itulah, bangsa Israel menganggap pengetahuan dan pengertian lebih berharga daripada emas dan perak (Ams. 16:16). Pendidikan kemudian akan menjadi tradisi yang terus bertahan hingga era Perjanjian Baru. Yesus, misalnya, merekrut dua belas orang murid yang kelak akan menjadi penerus ajaran-Nya (Mat. 10:1–4). Inilah sebabnya kita dapat menyimpulkan: tanpa pendidikan, kekristenan akan hilang dari radar peradaban.

Namun, apa tujuan dari pendidikan menurut Alkitab? Alkitab mencatat tujuan ganda pendidikan, yaitu untuk memperbaiki kualitas hidup individual dan sosial.

Dari segi individual, tugas pertama pendidikan adalah mengeliminasi kedunguan (Ams. 12:1). Dungu, dalam kitab Amsal, bukan hanya berarti bodoh atau tumpul akal budi, tetapi juga kasar dan biadab (tidak tahu sopan santun). Artinya, pendidikan bukan sekadar mengurusi wawasan dan keterampilan berlogika, tetapi ia juga bertugas untuk menata laku moral dan etika.

Ketika pendidikan tuntas menyinergikan antara pengetahuan dengan tata krama, pada saat itulah, seseorang akan menjadi bijaksana (Ams. 19:20). Dengan kata lain, pendidikan bertanggungjawab untuk menciptakan manusia cerdas sekaligus beradab.

Akan tetapi, tugas pendidikan bukan hanya membentuk manusia bijaksana belaka. Pendidikan juga harus menempa manusia untuk memiliki rasa simpati pada kenyataan realitas sosialnya. Amsal menuliskan bahwa didikan bertujuan bukan hanya untuk melatih manusia agar mengerti makna kata-kata, tetapi juga mengaplikasikan kebenaran, keadilan, dan kejujuran (Ams. 1:2–3). Selain berpengetahuan (Ams. 1:7), ciri-cirinya orang yang takut akan Tuhan adalah membenci kejahatan, kesombongan, kecongkakan, dan mulut penuh tipu muslihat (Ams. 8:13). Kesukaan orang benar adalah melakukan keadilan (Ams. 21:15).

Semangat pendidikan terhadap keadilan tetap terpelihara hingga Perjanjian Baru. Paulus menuliskan dalam 2Tim. 3:16, “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam keadilan (Yun. dikaiosunen).” Jadi, pendidikan juga bertujuan untuk mendidik manusia agar berpihak pada keadilan.

Paparan di atas menunjukkan substansi pendidikan bukanlah terletak pada matriks akreditasi dan bukan pula untuk memenuhi pundi-pundi ekonomi. Hasil akhir dari pendidikan seharusnya menciptakan manusia cerdas, bermoral, dan memiliki tanggung jawab untuk memastikan keadilan hadir dalam realitas sosialnya. Oleh sebab itulah, pendidikan seharusnya menjadi sebuah aktivitas untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan baru.

Karena hanya dengan melontarkan pertanyaan barulah, realitas mampu bergerak maju. Dengan jawaban-jawaban baru, pendidikan akan menginstalasi keberanian untuk menapis sikap adaptif dan menggantikannya dengan pikiran progresif yang berdaya restoratif. Pendidikan seharusnya memompa semangat proaktif untuk mengubah keadaan menjadi lebih adil, bukan tunduk di hadapan penguasa-penguasa asing.

Pada Hari Pendidikan Nasional ini, PARKINDO menyerukan agar semua pihak terkait segera melakukan perombakan substansial dalam menentukan arah pendidikan di Indonesia. Pendidikan dengan orientasi birokrasi niscaya akan gagal membentuk manusia-manusia Indonesia bermoral yang berani menegakkan keadilan. Mimpi Ki Hajar Dewantara, yaitu menuju manusia merdeka, akan kandas oleh pendidikan dengan ciri birokratis. Jika pendidikan kita masih berkutat pada hal-hal superfisial—bukan substansial, selamanya sekolah hanyalah pabrik tenaga kerja semata. Selamat Hari Pendidikan Nasional!(*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags: #parkindo#pembebasan#pendidikan
Share42SendShare

Related Posts

Robot Polri Tuai Kritik Netizen, Fawer Sihite: Inovasi Harus Disambut Baik, Tapi Polri Perlu Bangun Instrumen Komunikasi yang Efektif

30/06/2025

PIRAMIDA.ID — Peluncuran Robot Polri sebagai bagian dari langkah modernisasi institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menuai beragam respons dari publik....

Tokoh Cipayung Plus Gabung Golkar Lewat AMPI, Jefri Gultom: Politik Adalah Etika untuk Melayani

28/06/2025

PIRAMIDA.ID - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47 Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) yang digelar di Kantor DPP Partai Golkar,...

Tokoh Cipayung Plus Login Golkar Pada HUT AMPI, Bahlil Lahadalia : Adik-Adik Saya Sudah di Jalan Yang Benar

28/06/2025

PIRAMIDA.ID | HUT Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Ke-47 dihadiri langsung Ketua Umum Golkar Bahlil Lahadalia serta penyambutan beberapa Tokoh...

IRKI Nilai Tafsir UU Tipikor atas Pedagang Pecel Lele Menyesatkan

22/06/2025

PIRAMIDA.ID - Institut Rumah Keadilan Indonesia (IRKI) menilai pernyataan mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Chandra M. Hamzah, sebagai bentuk...

Buntut Viralnya Dugaan Kekerasan Terhadap Tunanetra di Siantar, ILAJ Minta KND Periksa Wali Kota dan Jajaran Terkait

19/06/2025

PIRAMIDA.ID – Dugaan kekerasan terhadap seorang penyandang tunanetra yang melibatkan aparat Satpol PP dan oknum Pemerintah Kota Pematangsiantar viral di media...

Fawer Sihite: Tiga Bulan Wesly Jabat Wali Kota Tidak Mencerminkan Visi Misi Saat Kampanye

18/06/2025

PIRAMIDA.ID — Ketua Institute Law and Justice (ILAJ), Fawer Sihite, melayangkan kritik tajam terhadap kinerja Wesly Silalahi selaku Wali Kota...

Load More

Tinggalkan KomentarBatalkan balasan

Terkini

Berita

Robot Polri Tuai Kritik Netizen, Fawer Sihite: Inovasi Harus Disambut Baik, Tapi Polri Perlu Bangun Instrumen Komunikasi yang Efektif

30/06/2025
Berita

Tokoh Cipayung Plus Gabung Golkar Lewat AMPI, Jefri Gultom: Politik Adalah Etika untuk Melayani

28/06/2025
Berita

Tokoh Cipayung Plus Login Golkar Pada HUT AMPI, Bahlil Lahadalia : Adik-Adik Saya Sudah di Jalan Yang Benar

28/06/2025
Berita

IRKI Nilai Tafsir UU Tipikor atas Pedagang Pecel Lele Menyesatkan

22/06/2025
Dunia

Perang Israel-Iran Menunjukkan Pentingnya STEM, Fawer Sihite: Dukung Sikap Presiden Prabowo

22/06/2025
Berita

Buntut Viralnya Dugaan Kekerasan Terhadap Tunanetra di Siantar, ILAJ Minta KND Periksa Wali Kota dan Jajaran Terkait

19/06/2025

Populer

Berita

Tokoh Cipayung Plus Login Golkar Pada HUT AMPI, Bahlil Lahadalia : Adik-Adik Saya Sudah di Jalan Yang Benar

28/06/2025
Berita

Robot Polri Tuai Kritik Netizen, Fawer Sihite: Inovasi Harus Disambut Baik, Tapi Polri Perlu Bangun Instrumen Komunikasi yang Efektif

30/06/2025
Edukasi

Keterbatasan Jumlah Guru Terampil

09/12/2021
Berita

Tokoh Cipayung Plus Gabung Golkar Lewat AMPI, Jefri Gultom: Politik Adalah Etika untuk Melayani

28/06/2025
Dunia

Sumber Air Bersih dan Air Minum di Arab Saudi

07/06/2020
Dunia

Perang Israel-Iran Menunjukkan Pentingnya STEM, Fawer Sihite: Dukung Sikap Presiden Prabowo

22/06/2025
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Terms
  • Policy

© 2020-2024 Piramida ID

rotasi barak berita hari ini danau toba

No Result
View All Result
  • Kabar Desa
  • Dunia
  • Ekologi
  • Dialektika
  • Sopolitika
  • Sorot Publik
  • Lainnya
    • Ekosospolbud
    • Pojokan
    • Sains
    • Spiritualitas

© 2020-2024 Piramida ID

rotasi barak berita hari ini danau toba