Connect with us

Masukkan kata pencarian...

Sains

Manfaat Bekatul Untuk Kesehatan, Ternyata Luar Biasa!

Bekatul adalah lapisan berasa yang berada di bagian endosperma.

Bekatul mempunyai banyak manfaat yang ternyata baik untuk kesehatan tubuh. Apakah Anda pernah mencobanya?

Manfaat dari bekatul bagi kesehatan agaknya masih banyak orang yang belum mengetahui hal ini. Bahkan mungkin ada beberapa orang yang tidak mengenatau apa itu bekatul.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Klikdokter.com, bekatul adalah lapisan berasa yang berada di bagian endosperma.

Mungkin beberapa orang mengganggap bahkan bekatul dan dedak itu sama karena memang warnanya yang mirip.

Namun ternyata dedak dan bekatul itu berbeda. Ketika menggiling padi, terdapat tiga lapisan pembungkus yang biasanya lepas sebelum mendapatkan beras.

Lapisan yang pertama disebut dengan sekam, ciri-cirinya yakni kulitnya yang keras dan tajam. Kemudian yang keuda ada dedak. Lalu, lapisan ketiga adalah bekatul atau bran.

Dari waktu ke waktu seiring berkembangnya zaman, menumbuk padi yang masih menyisakan bekatul untuk dikonsumsi memang sudah jarang dilakukan.

Karena penggilingan padi dengan mesin telah membuat bekatul benar-benar hilang dari beras.

Padahal bekatul atau rice brand memiliki kandungan bioaktif pangan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Lalu, apa saja khasiat bekatul untuk kesehatan tubuh? Jika belum tahu, berikut ulasannya untuk Anda.

Manfaat Bekatul Untuk Kesehatan

Jaga kesehatan jantung

Bekatul beras merah memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena bekatul beras merah memiliki kandungan vitamin B15 yang punya peran dalam metabolisme otot termasuk otot jantung, alhasil jantung pun menjadi lebih kuat.

Tak hanya itu, beberapa zat lain yang terkandung dalam bekatul beras merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang membuat jantung lebih sehat.

Cegah konstipasi

Manfaat bekatul untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu mencegah konstipasi. Hal tersebut karena bekatul mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

Kandungan serat tersebutlah yang mampi meningkatkan proses pencernaan hingga eksresi yang bisa mencegah masalah pencernaan seperti sembelit atau konstipasti.

Bantu turunkan berat badan

Bagi yang ingin diet, bekatul memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan dengan kandungan serat dan vitamin di dalamnya yang bisa memberi efek kenyang lebih lama.

Selain itu, bekatul juga memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga membuat Anda tidak kelebihan asupan kalori.

Mencegah penyakit Alzheimer

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam bekatul yaitu tokoferol dan asam ferulat dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer.

Membantu pertumbuhan tulang dan gigi

Manfaat bekatul untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu dalam pertumbuhan tulang dan gigi.

Bekatul mempunyai jenis mineral penting yang cukup banyak. Kandungan kalsium dan magnesium di dalamnya membantu pertumbuhan tulang dan gigi lebih cepat.

Tingkatkan fungsi syaraf

Kandungan vitamin B kompleks yang terdapat di dalam bekatul memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan otak.

Kandungan vitamin B kompleks ini bermanfaat untuk membantu meningkatkan fungsi syaraf.

Tak hanya itu, bekatul juga mengandung vitamin B15 yang membuat pasokan oksigen di otak meningkat.

Cegah penyakit kencing manis

Bekatul memiliki kandungan aktioksidan yakni oryzanol, tokoferol, serta asam ferulat yang baik untuk kesehatan dan dapat membantu mencegah penyakit kencing manis.

Bermanfaat juga bagi kecantikan

Tidak hanya untuk kesehatan, manfaat bekatul juga ternyata bisa untuk kecantikan dan diyakini mampu mengatasi masalah kulit wajah.

Di antaranya adalah mengatasi lingkaran hitam di bawah mata, dan mengontrol kulit kering.

Cara menggunakannya yakni dengan mencampurkannya dengan yogurt dan madu untuk digunakan sebagai masker.

Bagaimana teman-teman, luar biasa bukan manfaat bekatul untuk kesehatan tubuh Semoga ulasan tadi bermanfaat untuk Anda.


sumber: Rancah Post

Click to comment

Tinggalkan Komentar

Baca juga...

Sorot Publik

PIRAMIDA.ID- Veronica Koman lahir di Medan, 14 Juni 1988; umur 31 tahun adalah seorang pengacara dan pegiat hak asasi manusia (HAM) asal Indonesia yang...

Pojokan

Tia Lestari Sidabutar* PIRAMIDA.ID- Dua bulan sudah aku berada di sini. Rasanya aku telah menyatu dengan segala hal di desa ini dan nama Tiga...

Dialektika

Zaprulkhan* PIRAMIDA.ID- Apakah makna cinta sejati? Menurut Thich Nhat Hanh, dalam karya cemerlangnya “True Love”, dalam perspektif Buddisme, harus ada empat unsur untuk memenuhi...

Sopolitika

 Kristian Silitonga* PIRAMIDA.ID- “Sejumlah kecil orang yang memiliki energi lebih besar dari masyarakatnya yang letih. Memiliki kejernihan di tengah lautan kekeruhan pikiran di sekitarnya,...

Dialektika

Yudhie Haryono* PIRAMIDA.ID- Dalam salah satu tulisan yang sangat menyentuh, (almarhum) Arief Budiman menulis, ”Seorang intelektual yang bebas adalah seorang pejuang yang sendirian. Mula-mula...

Dialektika

May Luther Dewanto Sinaga* PIRAMIDA.ID- Coronakrasi? Mungkin beberapa orang akan bertanya-tanya terkait kata itu. Apa maknanya? Kenapa muncul? Dan apa pentingnya membahas kata itu?...

Pojokan

PIRAMIDA.ID– Beberapa waktu lalu, jagat laman facebook, khususnya Sumatera Utara, digegerkan dengan viralnya video (dugaan) persekusi disertai pengrusakan yang dilakukan segerombolan orang dari FPI...

Dialektika

Fitzerald Kennedy Sitorus* PIRAMIDA.ID- Saya sedang menulis buku tentang metafisika pada Kant dan Hegel. Saya mengawali bagian tentang Kant dengan cerita tentang gaya hidupnya....