Connect with us

Masukkan kata pencarian...

Berita

FISIP UDA Sukses Selenggarakan PKM di Desa Gunung Kelawas, Deli Serdang

PIRAMIDA.ID- Civitas Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Darma Agung (UDA) Medan, Jumat (26/2/2021) siang melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Desa Gunung Kelawas, Kecamatan Namo Rambe, Deli Sedang.

PKM ini sejalan dengan salah satu visi Tri Dharma Perguruan Tinggi di Indonesia yang bertujuan untuk menciptakan hubungan sosial yang baik antara pihak perguruan tinggi dengan masyarakat selaku stakeholders.

Pengabdian masyarakat civitas akademik FISIP UDA Medan yang berpusat di Aula Kantor Desa Gunung Kelawas ini, dipimpin Dekan FISIP UDA, Dr (C) Priet Saweny Simamora, M.Si sekaligus sebagai Ketua Tim rombongan PKM UDA Medan.

Turut mendampingi Dekan FISIP UDA Medan, di antaranya Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr (C) Rita Vinolia Aruan; Kaprodi Ilmu Komunikasi, Elok Perwirawati M.I.Kom; Kaprodi Ilmu Pemerintahan, Madin Silalahi, M.Si.

Serta para dosen FISIP UDA masing-masing Helen Van Hurk Sitorus Msi, Emmelia A Ginting M.I.Kom, Daniel Bangun M.I.Kom.

Ketua Tim Rombongan Dr (C) Priet Saweny mengatakan, kehadiran FISIP UDA di Desa Gunung Kelawas sebagai bentuk nyata Tri Darma Perguruan Tinggi dalam pembangunan desa.

“(Pengabdian Masyarakat) Sebagai salah satu wujud mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” kata Priet Saweny saat dalam sambutan di hadapan para tokoh masyarakat dan pemerintah Desa Gunung Kelawas.

Sementara Ketua Prodi Magister Ilmu Komunikasi UDA, Dr Irene Silviani MSP didampingi Piki Darma Kristian Pardede S.Sos, M.Si turut tampil sebagai pembicara dalam diskusi yang mengangkat tema ”Komunikasi dan Kebijakan pemerintah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa”.

Keduanya menyebutkan bahwa pentingnya sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat di desa merupakan upaya yang penting dalam mensukseskan percepatan pembangunan desa.

“Dan strategi komunikasi yang efektif turut menjadi kunci keberhasilan menciptakan hubungan yang solid tersebut,” tutur Dr Irene Silviani MSP.

Irene menambahkan, ada empat kunci keberhasilan dalam mendapatkan dukungan positif dari masyarakat desa.

“Di mana faktor lingkungan, pendidikan, pekerjaan dan gender harus dapat dijadikan acuan pendekatan pemimpin dalam menimbulkan perhatian, dan dukungan masyarakat,” imbuh Kaprodi Magister Ilmu Komunikasi UDA Medan.

“Pemimpin juga harus mampu menjadi pelayanan masyarakat dan turun ke bawah menjadi bagian dari masyarakat,” tandasnya.

Sedangkan Piki Darma Kristian Pardede menambahkan, bahwa agar setiap bagian masyarakat mampu menjadi komunikan yang baik, dibutuhkan komunikasi efektif.

“Dalam pembangunan desa yang terpenting adalah bagaimana pemerintah desa mampu berkomunikasi dan mengintervensi masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam pembangunan, dengan demikian sebagai anggota masyarakat dapat menerima pesan–pesan pembangunan dengan baik dan dapat meneruskannya ke sesama anggota masyarakat lain,” ujarnya.

Diskusi yang dipandu oleh Elok Perwirawati M.I.Kom ini mendapat perhatian dan antusias dari masyarakat setempat. Sejumlah warga turut mengajukan pendapat dan pertanyaan serta berharap PKM ini bisa berkelanjutan karena dianggap bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan semangat partispasi bagi pembangunan desanya.

Sebelumnya kehadiran rombongan Tim PKM FISIP UDA disambut hangat Kepala Desa Gunung Kelawas, Reno Ginting S.IP bersama jajaran aparatur Desa, Babinsa, Babinkamtibmas serta perwakilan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tim Penggerak PKK, unsur Lembaga Masyarakat Desa (LMD), serta para Kepala Dusun Desa Gunung Kelawas.(*)

Click to comment

Tinggalkan Komentar

Baca juga...

Sorot Publik

PIRAMIDA.ID- Veronica Koman lahir di Medan, 14 Juni 1988; umur 31 tahun adalah seorang pengacara dan pegiat hak asasi manusia (HAM) asal Indonesia yang...

Pojokan

Tia Lestari Sidabutar* PIRAMIDA.ID- Dua bulan sudah aku berada di sini. Rasanya aku telah menyatu dengan segala hal di desa ini dan nama Tiga...

Dialektika

Zaprulkhan* PIRAMIDA.ID- Apakah makna cinta sejati? Menurut Thich Nhat Hanh, dalam karya cemerlangnya “True Love”, dalam perspektif Buddisme, harus ada empat unsur untuk memenuhi...

Sopolitika

 Kristian Silitonga* PIRAMIDA.ID- “Sejumlah kecil orang yang memiliki energi lebih besar dari masyarakatnya yang letih. Memiliki kejernihan di tengah lautan kekeruhan pikiran di sekitarnya,...

Dialektika

Yudhie Haryono* PIRAMIDA.ID- Dalam salah satu tulisan yang sangat menyentuh, (almarhum) Arief Budiman menulis, ”Seorang intelektual yang bebas adalah seorang pejuang yang sendirian. Mula-mula...

Dialektika

May Luther Dewanto Sinaga* PIRAMIDA.ID- Coronakrasi? Mungkin beberapa orang akan bertanya-tanya terkait kata itu. Apa maknanya? Kenapa muncul? Dan apa pentingnya membahas kata itu?...

Pojokan

PIRAMIDA.ID– Beberapa waktu lalu, jagat laman facebook, khususnya Sumatera Utara, digegerkan dengan viralnya video (dugaan) persekusi disertai pengrusakan yang dilakukan segerombolan orang dari FPI...

Dialektika

Fitzerald Kennedy Sitorus* PIRAMIDA.ID- Saya sedang menulis buku tentang metafisika pada Kant dan Hegel. Saya mengawali bagian tentang Kant dengan cerita tentang gaya hidupnya....