Connect with us

Masukkan kata pencarian...

Sains

Mengapa Bulu Mata Atas lebih Panjang daripada yang Bawah?

PIRAMIDA.ID- Kelopak mata atas lebih besar, lebih panjang, dan memiliki akar yang lebih dalam sehingga bisa memiliki bulu mata indah yang lebih banyak.

Semua mamalia memiliki bulu mata atas lebih panjang, tapi mengapa bulu mata berevolusi menjadi seperti ini?

Alasan yang paling utama adalah untuk melindungi bola mata kita.

Namun, memiliki bulu mata atas yang lebih panjang juga bisa membantu kita mengekspresikan perasaan kita dan berkomunikasi dengan orang lain.

Bulu mata melindungi kita

Kita memiliki 90 hingga 160 bulu mata di setiap kelopak mata atas, setiap bulu mata itu memiliki panjang 8 hingga 12 milimeter (mm).

Sementara itu, pada setiap kelopak mata bawah, kita memiliki sekitar 75 bulu mata yang memiliki panjang 6-9 mm.

Bulu mata atas yang panjang dan bawah yang pendek membentuk lapisan pelindung yang menutupi seluruh rongga mata. Lapisan pelindung ini mencegah debu, serangga, atau keringat masuk ke dalam mata dan membuatnya terluka.

Tanpa bulu mata, mata kamu juga akan lebih cepat kering, dan akan lebih mudah kemasukan bakteri jahat.

Inilah mengapa orang-orang yang tidak memiliki bulu mata harus berkedip lebih sering.

Sebenarnya, ada yang namanya “panjang ideal” untuk bulu mata atas.

Berdasarkan panjang rata-rata bulu mata manusia, juga ukuran bulu mata berbagai macam spesies binatang, “panjang ideal” adalah sepertiga dari lebar mata.

Jika terlalu pendek, angin bisa menembus lebih mudah. Jika terlalu panjang, angin bisa terjebak di antara bulu mata, kedua situasi itu itu menyebabkan mata menjadi lebih cepat kering.

Bulu mata melindungi binatang juga

Manusia bukan satu-satunya binatang yang memiliki bulu mata – semua mamalia memilikinya, termasuk kucing, anjing, gajah, dan tikus.

Namun, panjang dan ketebalan bulu mata mereka berbeda-beda, tergantung tempat mereka tinggal. Mayoritas binatang juga memiliki bulu mata yang lebih panjang pada kelopak mata atas.

Pada binatang yang tinggal di area berdebu, bulu mata membuat mata mereka tidak kemasukan debu.

Inilah mengapa unta, kanguru, gajah, dan jerapah memiliki beberapa baris bulu mata yang panjang, tidak hanya satu baris.

Jerapah memiliki bulu mata yang panjang untuk melindungi mata mereka dari debu. Evgeny Gubenko/ Shutterstock

Pada hewan mengerat, seperti tikus, bulu mata berada di sekitar mata dan berperan sebagai sensor. Dengan ini, tikus bisa melindungi mata mereka dengan segera menutup ketika mereka merasa ada benda asing di dekat mata mereka.

Namun tidak hanya mamalia, burung juga memiliki bulu seperti bulu mata di sekitar kelopak mata atas mereka.

Bulu-bulu ini melindungi mata burung dari cahaya matahari. Dibandingkan dengan mamalia, bulu ini lebih panjang (hingga 2cm), tebal, dan berjarak satu sama lain.

Kegunaan lain bulu mata

Bulu mata kita juga penting ketika kita bertemu dan berbicara dengan orang lain.

Jika kamu merasa lelah, terkejut, atau cemas, bulu mata kamu bisa membantu orang lain menyadari perasaan kamu.

Atau, mengedipkan bulu mata kepada seseorang bisa menjadi cara untuk menunjukkan bahwa kamu menyukai mereka.

Bulu mata yang lebih panjang di kelopak atas pada kelopak mata membantu untuk memperjelas sinyal-sinyal ini.

Fakta bulu mata

  • Tidak seperti bagian rambut lainnya di tubuh, bulu mata tidak memiliki otot kecil sehingga tidak bisa berdiri seperti bulu kuduk ketika kita merinding.
  • Bulu mata biasanya adalah rambut berwarna paling gelap di tubuh kita, dan bulu mata tidak pernah menjadi abu-abu atau putih seperti uban!
  • Orang-orang Mesir 5.000 tahun lalu sudah menggunakan rias wajah di bulu mata mereka, seperti banyak orang pada masa kini.
  • Bulu mata memiliki karakteristik yang berbeda-beda pada setiap orang. Setiap orang bisa memiliki bulu mata yang berbeda dalam jumlah, ketebalan, kelengkungan, bentuk atau panjang.
  • Bulu mata melengkung keluar dari mata agar tidak kusut saat kita berkedip
  • Jika kita mencabut bulu mata kita, perlu waktu sekitar delapan minggu untuk menunggu bulu mata tumbuh kembali. Jadi, sebaiknya jangan mencabut bulu mata!(*)

Click to comment

Tinggalkan Komentar

Baca juga...

Sorot Publik

PIRAMIDA.ID- Veronica Koman lahir di Medan, 14 Juni 1988; umur 31 tahun adalah seorang pengacara dan pegiat hak asasi manusia (HAM) asal Indonesia yang...

Pojokan

Tia Lestari Sidabutar* PIRAMIDA.ID- Dua bulan sudah aku berada di sini. Rasanya aku telah menyatu dengan segala hal di desa ini dan nama Tiga...

Dialektika

Zaprulkhan* PIRAMIDA.ID- Apakah makna cinta sejati? Menurut Thich Nhat Hanh, dalam karya cemerlangnya “True Love”, dalam perspektif Buddisme, harus ada empat unsur untuk memenuhi...

Sopolitika

 Kristian Silitonga* PIRAMIDA.ID- “Sejumlah kecil orang yang memiliki energi lebih besar dari masyarakatnya yang letih. Memiliki kejernihan di tengah lautan kekeruhan pikiran di sekitarnya,...

Dialektika

Yudhie Haryono* PIRAMIDA.ID- Dalam salah satu tulisan yang sangat menyentuh, (almarhum) Arief Budiman menulis, ”Seorang intelektual yang bebas adalah seorang pejuang yang sendirian. Mula-mula...

Dialektika

May Luther Dewanto Sinaga* PIRAMIDA.ID- Coronakrasi? Mungkin beberapa orang akan bertanya-tanya terkait kata itu. Apa maknanya? Kenapa muncul? Dan apa pentingnya membahas kata itu?...

Pojokan

PIRAMIDA.ID– Beberapa waktu lalu, jagat laman facebook, khususnya Sumatera Utara, digegerkan dengan viralnya video (dugaan) persekusi disertai pengrusakan yang dilakukan segerombolan orang dari FPI...

Dialektika

Fitzerald Kennedy Sitorus* PIRAMIDA.ID- Saya sedang menulis buku tentang metafisika pada Kant dan Hegel. Saya mengawali bagian tentang Kant dengan cerita tentang gaya hidupnya....