Piramida.id
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Terms
  • Policy
Rabu, Juni 18, 2025
  • Kabar Desa
  • Dunia
  • Ekologi
  • Dialektika
  • Sopolitika
  • Sorot Publik
  • Lainnya
    • Ekosospolbud
    • Pojokan
    • Sains
    • Spiritualitas
No Result
View All Result
  • Kabar Desa
  • Dunia
  • Ekologi
  • Dialektika
  • Sopolitika
  • Sorot Publik
  • Lainnya
    • Ekosospolbud
    • Pojokan
    • Sains
    • Spiritualitas
No Result
View All Result
Piramida.id
  • Berita
  • Dialektika
  • Dunia
  • Edukasi
  • Ekologi
  • Ekosospolbud
  • Kabar Desa
  • Pojokan
  • Sains
  • Sopolitika
  • Sorot Publik
  • Spiritualitas
Home Edukasi

Peningkatan Menulis Opini Melalui Pemanfaatan Media Sosial

by Redaksi
13/12/2021
in Edukasi
101
SHARES
722
VIEWS
Bagikan ke FacebookBagikan ke WhatsappBagikan ke Telegram

Oleh: Yusnita Sitinjak*

PIRAMIDA.ID- Dalam kehidupan, bahasa memiliki peranan penting dalam berbagai aspek, mengingat bahasa merupakan suatu alat atau instrumen untuk menyampaikan gagasan, ide, maupun perasaan kepada orang lain.

Dalam penggunaannya bahasa terbagi menjadi dua macam, yaitu penggunaan bahasa
pasif dan penggunaan bahasa aktif. Penguasaan bahasa pasif, yaitu mengerti apa yang dikatakan
orang lain kepadanya, meliputi dari mendengarkan dan membaca.

Sementara peguasaan bahasa aktif, yaitu dapat menyatakan ide dan perasaan hati sendiri kepada orang lain, meliputi dari berbicara dan menulis.

Dengan demikian keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa
yang perlu dikuasai oleh siswa maupun mahasiswa yang sedang belajar mulai dari tingkat sekolah dasar sampai sampai pada perguruan tinggi, khususnya mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengingat keterampilan menulis merupakan disiplin ilmunya.

Kegiatan berkomunikasi dengan bahasa tulis termasuk bagian dalam pemenuhan kebutuhan primer dalam kebudayaan dan peradaban modern saat ini (Hartono 2002: 1). Dalam konteks yang lebih luas, kemampuan menulis sangat penting artinya bagi dunia pengembangan ilmu dan teknologi.

Pengembangan Iptek apapun pasti akan memerlukan penulisan. Hasil-hasil
penulisan apapun dan yang bagaimanapun bentuknya harus dikomunikasikan kepada orang lain dalam bentuk bahasa tulis mempunyai nilai dokumentasi yang sangat kuat (Hartono 2002: 1).

Berdasarkan wawancara peneliti dengan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Makassar yang pernah mengikuti mata kuliah keterampilan menulis ada beberapa masalah pokok yang dialami pada saat proses pembelajar, yaitu: (1) kurangnya minat mahasiswa dalam menulis; (2) mahasiswa kesulitan dalam menentukan judul dan pokok pikiran; (3) mahasiswa kesulitan dalam menggunakan ejaan, kata penghubung, dan membuat kalimat yang padu; (4) tidak adanya sarana yang ditawarkan oleh dosen untuk menpublikasikan hasil tulisan.

Masalah pokok dalam pembelajaran menulis tidak hanya bersumber dari mahasiswa
namun juga bersumber dari dosen sebagai pendidik. Sebagian besar dosen kurang memanfaatkan strategi dan sarana menulis yang bisa menunjang produktifitas menulis mahasiswa.

Hal tersebut dapat menjadi cambuk bagi pendidikan agar lebih banyak menyerap ilmu yang dapat menunjang kompetensi mengajarnya di dalam kelas, sehingga proses pembelajara yang selama ini hanya diskusi, yang kurang kaitannya dengan kehidupan sehari-hari dapat diubah menjadi pembelajaran yang optimal dan bermakna.

Dalam pelaksanaannya, pembelajaran keterampilan menulis di perguruan tinggi hanya
berorientasi pada hasil menulis dan pemberian nilai akhir, tanpa melibatkan mahasiswa dalam
penyuntingan dan pervisian.

Hal tersebut membuat mahasiswa kurang memahami letak kesalahannya dalam menulis
opini, sehingga mahasiswa tidak bisa memperbaiki kesalahannya pada kegiatan menulis opini selanjutnya. Hal inilah kemudian yang membuat mahasiswa kurang mengetahui bagaimana menggunakan ejaan, tanda baca, kosakata, serta kohesi dan koherensi yang tepat dalam karangan.

Media memiliki berbagai manfaat, yaitu: (a) menarik mahasiswa sehingga dapat
meningkatkan motivasi belajarnya; (b) lebih memperjelas makna dalam pembelajaran sehingga lebih mudah dipahami dan memungkinkan mahasiswa menguasai tujuan pembelajaran dengan baik; (c) mahasiwa lebih banyak melakukan pembelajaran sebab tidak hanya mendengarkan uraian dari dosen tetapi juga melakukan aktivitas lain seperti pengamatan, tindakan dan demonstrasi.

Atas dasar kondisi yang ada di lapangan maka perlu dihadirkan sebuah media yang
mampu meningkatkan penulisan opini mahasiswa. Pemanfaatan media pembelajaran dapat meningkatkan proses belajar dalam pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar yang dicapai.

Melihat era teknologi ini tidak ada salahnya mengoptimalkan teknologi yang ada, misalnya saja menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi.(*)


Penulis merupakan Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.

Tags: #bahasaindonesia#menulis#opini#pendidikan
Share40SendShare

Related Posts

Refleksi Paskah dan Titik Balik Kebangkitan Ekonomi Indonesia

20/04/2025

Refleksi Paskah dan Titik Balik Kebangkitan Ekonomi Indonesia Oleh: Fawer Full Fander Sihite, S.Th.,S.H.,MAPS 1. Menghadapi Perang Dagang Global Perang...

Presiden Prabowo ke Timur Tengah: Mengukuhkan Posisi Indonesia di Panggung Global

14/04/2025

Presiden Prabowo ke Timur Tengah: Mengukuhkan Posisi Indonesia di Panggung Global Oleh: Fawer Full Fander Sihite, S.Th., S.H., MAPS Kunjungan...

Pertemuan Prabowo dan Megawati: Sebuah Sinyal Positif bagi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

11/04/2025

Pertemuan Prabowo dan Megawati: Sebuah Sinyal Positif bagi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Refleksi Mahasiswa Kristen dalam Perspektif Alkitabiah Ditulis Oleh: Fawer...

Ekonomi Indonesia di Tengah Perang Dagang Global: Perspektif Alkitabiah dan Peran Mahasiswa Kristen

01/04/2025

Ekonomi Indonesia di Tengah Perang Dagang Global: Perspektif Alkitabiah dan Peran Mahasiswa Kristen Oleh: Fawer Full Fander Sihite.,S.Th.,S.H.,MAPS Perang dagang...

Pemuda Sebagai ‘Agent Of Solution’ Pada Pemilu 2024

24/01/2024

Sejak 28 November 2023, masa kampanye Pemilu 2024 dimulai. Partisipasi politik generasi milenial dan generasi Z (Gen Z) memiliki pengaruh...

Jes Manro Kepsek SMP 1 Parapat Klarifikasi Pemberitaan Dirinya

12/12/2023

Piramida.id|Simalungun - Jes Manro Tambunan Kepala Sekolah (Kepsek) SMP 1 Parapat, kabupaten Simalungun (Sumut) memberikan klarifikasi atas pemberitaan terkait dirinya...

Load More

Tinggalkan KomentarBatalkan balasan

Terkini

Berita

Kader IPK Taput Diduga di Aniaya Akibat Keributan di Purbatua

17/06/2025
Berita

Refleksi Hari Lahir Pancasila, Fawer Sihite: Kita Harus Dengarkan Hati Nurani Rakyat

01/06/2025
Berita

Kalah Sebagai Calon Ketua Umum, Fawer Sihite Pastikan Dukung Kepemimpinan Prima Surbakti dan Jessica Worouw di GMKI

28/05/2025
Berita

Aliansi Mahasiswa Siantar Se-Jabodetabek Akan Kepung Mabes Polri: Tuntut Penangkapan Wali Kota Wesli Silalahi

11/05/2025
Berita

Satgas Penertiban Kawasan Hutan (PKH): Penegakan Hukum atau Alibi Militerisasi Atas Nama Konservasi?

09/05/2025
Berita

Ketua Front Justice: Kepemimpinan Wesly Silalahi Dinilai Gagal, Siantar Mengarah ke Kemunduran dan Kota Gelap

07/05/2025

Populer

Dunia

Sumber Air Bersih dan Air Minum di Arab Saudi

07/06/2020
Berita

Kader IPK Taput Diduga di Aniaya Akibat Keributan di Purbatua

17/06/2025
Dialektika

Prinsip-Prinsip Disiplin Kelas

02/04/2023
Berita

Ketua Front Justice: Kepemimpinan Wesly Silalahi Dinilai Gagal, Siantar Mengarah ke Kemunduran dan Kota Gelap

07/05/2025
Berita

Aliansi Mahasiswa Siantar Se-Jabodetabek Akan Kepung Mabes Polri: Tuntut Penangkapan Wali Kota Wesli Silalahi

11/05/2025
ilustrasi/getty images
Pojokan

Sejarah Tai

03/08/2020
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Terms
  • Policy

© 2020-2024 Piramida ID

rotasi barak berita hari ini danau toba

No Result
View All Result
  • Kabar Desa
  • Dunia
  • Ekologi
  • Dialektika
  • Sopolitika
  • Sorot Publik
  • Lainnya
    • Ekosospolbud
    • Pojokan
    • Sains
    • Spiritualitas

© 2020-2024 Piramida ID

rotasi barak berita hari ini danau toba