Piramida.id
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Terms
  • Policy
Rabu, Juni 18, 2025
  • Kabar Desa
  • Dunia
  • Ekologi
  • Dialektika
  • Sopolitika
  • Sorot Publik
  • Lainnya
    • Ekosospolbud
    • Pojokan
    • Sains
    • Spiritualitas
No Result
View All Result
  • Kabar Desa
  • Dunia
  • Ekologi
  • Dialektika
  • Sopolitika
  • Sorot Publik
  • Lainnya
    • Ekosospolbud
    • Pojokan
    • Sains
    • Spiritualitas
No Result
View All Result
Piramida.id
  • Berita
  • Dialektika
  • Dunia
  • Edukasi
  • Ekologi
  • Ekosospolbud
  • Kabar Desa
  • Pojokan
  • Sains
  • Sopolitika
  • Sorot Publik
  • Spiritualitas
Home Dialektika

Perspektif dan Sikap Gereja Terhadap LGBTIQ

by Redaksi
20/11/2020
in Dialektika
100
SHARES
713
VIEWS
Bagikan ke FacebookBagikan ke WhatsappBagikan ke Telegram

PIRAMIDA.ID- Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) pada 2016 mengeluarkan pernyataan pastoral PGI tentang LGBTIQ (lesbian, gay, biseksual, transgender, interseksual, dan queer), yang ditujukan kepada seluruh pimpinan gereja anggota PGI.

Hal ini terkait dengan maraknya aksi kekerasan dan diskriminasi yang dialami kelompok ini di masyarakat, termasuk yang terjadi di dalam gereja.

Surat pastoral PGI ini menekankan pentingnya menghormati setiap manusia sebagai makhluk ciptaan Allah, dan tidak melakukan kekerasan maupun diskrimasi terhadap kelompok LGBTIQ yang dianggap berbeda dengan orang pada umumnya.

Sekretaris Eksekutif Bidang Diakonia PGI, Jeirry Sumampow, mengatakan bahwa PGI melalui surat pastoral itu merekomendasikan agar para pemimpin gereja mempertimbangkan hasil penelitian di bidang kedokteran dan psikiatri terkait LGBTIQ, dengan tidak mengkategorikannya sebagai penyakit atau penyimpangan mental, serta sebuah kejahatan.

Jeirry mengingatkan agar gereja mulai membuka diri dan menerima keberadaan kelompok LGBTIQ, sebagai sesama ciptaan Tuhan yang harus dihormati. Sikap ini penting, agar tidak ada lagi aksi kekerasan, penindasan, dan diskiminasi yang dialami kelompok ini, termasuk yang merupakan warga gereja.

“Jadi posisi PGI waktu itu memang ingin supaya kekerasan, penindasan ini berhenti. Dan bagaimana gereja-gereja membuka diri untuk menerima kelompok LGBT ini dalam kegiatan-kegiatan pelayanan gereja, tidak sekedar sebetulnya dilayani, tapi juga ikut dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan pelayanan gereja,” kata Jeirry Sumampow.

Jeirry Sumampow mengatakan, surat pastoral PGI memang memunculkan pro kontra di kalangan gereja anggota PGI, namun tidak dimaksudkan untuk menyeragamkan sikap dan ajaran gereja terkait LGBTIQ. Gereja justru diajak untuk mulai mendalami masalah ini lebih lanjut dengan melakukan sejumlah kajian.

“Setiap gereja itu bisa mengambil sikap dan posisinya sendiri, berdasarkan kajian teologis dan kajian-kajian yang mereka lakukan. Jadi, gereja-gereja memang bisa berbeda sikap dengan apa yang sudah disampaikan oleh PGI ketika itu. Ini terkait memang dengan struktur dan posisi kelembagaan PGI, dalam hubungan dengan gereja-gereja. Otoritas sepenuhnya memang masih ada di tangan gereja-gereja sendiri, apalagi berkaitan dengan teologi dan ajaran,” imbuh Jeirry.

Surat Pastoral PGI Dipuji

Meilanny Risamasu, salah seorang pendeta gereja anggota PGI, menilai surat pastoral PGI sebagai langkah awal yang baik bagi gereja untuk mulai mendengarkan dan menyuarakan suara kelompok-kelompok yang selama ini dipinggirkan, termasuk suara kelompok LGBTIQ. Sudah saatnya gereja membuka ruang untuk mengatasi masalah-masalah berkaitan dengan kelompok yang dimarginalkan.

“Buat saya pribadi itu menjadi pijakan yang membuka ruang, bahwa ada kesempatan suara-suara mereka yang selama ini dimarginalkan itu, naik ke permukaan. Itu saja dulu. Naik ke permukaan dalam arti, mereka selama ini memang dibuat tenggelam, mereka ini sesama kita, manusia ciptaan Tuhan yang ada hidup bersama-sama dengan kita, tapi suara mereka, hak-hak mereka ditenggelamkan. Dan saya pikir gereja bisa berangkat dari situ,” ungkap Meilanny Risamasu.

Pendeta Stephen Suleeman, yang juga dosen di Sekolah Tinggi Teologi Jakarta, mengatakan pembicaraan mengenai isu seksualitas sudah menjadi perhatian dewan gereja dunia, sejak sidang raya di New Delhi, India, pada 1963, dan berlanjut pada sidang raya di Kanada pada 1985.

Selain isu seksualitas, kehadiran perempuan dalam pelayanan gereja juga menjadi perhatian. Isu-isu itu terus menjadi pembahasan pada sidang raya di Busan, Korea Selatan, dan dalam sidang raya di Jerman pada 2022 nanti diharapkan akan disahkan dokumen terkait sikap keberpihakan gereja dunia beserta anggotanya terhadap kelompok LGBTIQ.

Surat Pastoral PGI Bukan Untuk Melawan Hukum di Indonesia

Surat pastoral PGI yang diterbitkan pada 2016 lalu, kata Stephen, tentu saja tidak diterima oleh semua anggota PGI. Ini karena masih adanya pandangan yang mengaitkan isu ini dengan perkawinan sesama jenis. Stephen mengatakan, bahwa gereja tidak akan berlawanan dengan hukum di Indonesia mengenai perkawinan, namun membuka diri untuk menerima keberadaan kelompok LGBTIQ sebagai sesama manusia dan menciptakan gereja sebagai ruang yang aman bagi siapa saja.

“Sebetulnya, penolakan terhadap LGBTIQ ini umumnya adalah disebabkan oleh kurangnya pengetahuan para pemimpin gereja tentang perkembangan yang terjadi di dunia psikologi psikiatri. Di kalangan psikologi psikiatri, para ahli jiwa sudah menemukan bahwa LGBTIQ itu bukanlah sebuah penyakit jiwa, bukanlah sebuah kelainan, ini adalah sekedar varian dalam seksualitas manusia,” ujar Stephen Suleeman.

Pendeta Gereja Komunitas Anugerah, Suarbudaya Rahadian, mengajak semua orang termasuk para pemimpin Gereja untuk mau terlibat dan berinteraksi secara langsung dengan kelompok LGBTIQ, dan memahami apa yang kelompok ini rasakan serta alami. Tafsir teologi, kata Suarbudaya Rahadian, akan terus berkembang seiring zaman, namun perjumpaan secara langsung antar manusia jauh lebih penting untuk mengikis persepsi dan perilaku yang mendiskriminasikan sesama manusia lain akibat kurangnya pemahaman.

“Orang bisa disuguhi berbagai tafsir alternatif, berbagai buku teologi yang kompleks, dan boleh kata ditulis oleh profesor-profesor Biblika yang hebat-hebat. Tapi menurut saya, tanpa pengalaman langsung, interaksi, berbagi, dan sama-sama merengkuh kerapuhan, dan mengakui bahwa kita tidak mengerti dan tidak paham, kita tidak mungkin bisa memahami, kita tidak mungkin bisa berempati, apalagi sampai dalam tahap menerima. Perjumpaan yang tulus, yang jujur, terutama dengan yang kita anggap berbeda, itu menjadi modal dasar untuk kita mengerti,” terang Suarbudaya Rahadian.

Belum ada data resmi soal jumlah LGBTIQ yang mengalami perlakuan diskriminatif dan kekerasan oleh umat beragama, khususnya di gereja. Hal ini diduga karena banyak korban yang tidak melaporkan kasusnya atau menyelesaikannya secara diam-diam.(*)


VOA Indonesia.

Tags: #gereja#keberagaman#lgbtiq#pelangi#perspektif
Share40SendShare

Related Posts

Pidato Lengkap Jefri Gultom di Dies Natalis GMKI ke-74: Bangkit Ditengah Pergumulan

26/02/2024

Bangkit Ditengah Pergumulan Pidato 74 tahun GMKI Jefri Edi Irawan Gultom Para peletak sejarah selalu berpegang pada prinsip ini, ‘’perjalanan...

Pewaris Opera Batak

11/07/2023

Oleh: Thompson Hs* PIRAMIDA.ID- Tahun 2016 saya menerima Anugerah Kebudayaan dari Kemdikbud (sekarang Kemendikbudristek) Republik Indonesia di kategori Pelestari. Sederhananya,...

Mengapa Membahas Masa Depan Guru “Dianggap” Tidak Menarik?

01/05/2023

Oleh: Agi Julianto Martuah Purba PIRAMIDA.ID- “Mengapa sejauh ini kampus kita tidak mengadakan seminar tentang tantangan dan strategi profesi guru di...

Membangun Demokrasi: Merawat Partisipasi Perempuan di Bidang Politik

14/04/2023

Oleh: Anggith Sabarofek* PIRAMIDA.ID- Demokrasi, perempuan dan politik merupakan tiga unsur yang saling berkesinambungan satu dengan yang lain. Berbicara mengenai...

Dari Peristiwa Kanjuruhan Hingga Batalnya Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20

03/04/2023

Oleh: Edis Galingging* PIRAMIDA.ID- Dunia sepak bola tanah air sedang merasakan duka yang dalam. Kali ini, duka itu hadir bukan...

Prinsip-Prinsip Disiplin Kelas

02/04/2023

Oleh: Muhammad Muharram Azhari* PIRAMIDA.ID- Pengertian disiplin menurut Elizabeth Hurtock mengemukakan bahwa; Disiplin itu berasal dari kata "discipline", yaitu seseorang...

Load More

Tinggalkan KomentarBatalkan balasan

Terkini

Berita

Kader IPK Taput Diduga di Aniaya Akibat Keributan di Purbatua

17/06/2025
Berita

Refleksi Hari Lahir Pancasila, Fawer Sihite: Kita Harus Dengarkan Hati Nurani Rakyat

01/06/2025
Berita

Kalah Sebagai Calon Ketua Umum, Fawer Sihite Pastikan Dukung Kepemimpinan Prima Surbakti dan Jessica Worouw di GMKI

28/05/2025
Berita

Aliansi Mahasiswa Siantar Se-Jabodetabek Akan Kepung Mabes Polri: Tuntut Penangkapan Wali Kota Wesli Silalahi

11/05/2025
Berita

Satgas Penertiban Kawasan Hutan (PKH): Penegakan Hukum atau Alibi Militerisasi Atas Nama Konservasi?

09/05/2025
Berita

Ketua Front Justice: Kepemimpinan Wesly Silalahi Dinilai Gagal, Siantar Mengarah ke Kemunduran dan Kota Gelap

07/05/2025

Populer

Dunia

Sumber Air Bersih dan Air Minum di Arab Saudi

07/06/2020
Dialektika

Prinsip-Prinsip Disiplin Kelas

02/04/2023
Berita

Kader IPK Taput Diduga di Aniaya Akibat Keributan di Purbatua

17/06/2025
Berita

Ketua Front Justice: Kepemimpinan Wesly Silalahi Dinilai Gagal, Siantar Mengarah ke Kemunduran dan Kota Gelap

07/05/2025
Berita

Aliansi Mahasiswa Siantar Se-Jabodetabek Akan Kepung Mabes Polri: Tuntut Penangkapan Wali Kota Wesli Silalahi

11/05/2025
ilustrasi/getty images
Pojokan

Sejarah Tai

03/08/2020
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Terms
  • Policy

© 2020-2024 Piramida ID

rotasi barak berita hari ini danau toba

No Result
View All Result
  • Kabar Desa
  • Dunia
  • Ekologi
  • Dialektika
  • Sopolitika
  • Sorot Publik
  • Lainnya
    • Ekosospolbud
    • Pojokan
    • Sains
    • Spiritualitas

© 2020-2024 Piramida ID

rotasi barak berita hari ini danau toba