Connect with us

Masukkan kata pencarian...

Berita

Siantar Terlempar dari 10 Besar Kota Toleran, Kelompok Cipayung ajak Masyarakat Kampanye Toleransi

PIRAMIDA.ID- Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada 2018 Kota Pematangsiantar menempati urutan ke-3 kota toleran yang ada di Indonesia menurut Setara Institute.

Seiring berjalannya waktu Kota Pematangsiantar mengalami kemerosotan dengan terlempar dari 10 besar kota paling toleran di Indonesia.

Merespons hal tersebut, Kelompok Cipayung yang terdiri dari GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia), PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia), GmnI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia), dan PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) menilai, hal ini tidak terlepas dari beberapa peristiwa intoleran yang terjadi di Kota Pematangsiantar.

Cipayung melalui Ketua GMKI Pematangsiantar-Simalungun, Juwita Panjaitan menyampaikan bahwa kita harus berefleksi dari kemunduran ini.

“Melihat persoalan yang terjadi saat ini, penting bagi kita selaku masyarakat untuk tetap menjaga nilai-nilai toleransi dengan tidak terprovokasi dengan isu-isu yang mampu memperkeruh suasana bermasyarakat,” ujar Juwita.

Juwita juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kekondusifan dan keharmonisan sebagai bagian dari tanggung jawab masyarakat itu sendiri.

Senada yang disampaikan Juwita, Liharman Sipayung selaku Ketua Presidium PMKRI Pematangsiantar menyampaikan untuk mengembalikan label ‘Siantar Kota Toleran’ diperlukan tindakan tindakan konkret bersama pemerintah guna meningkatkan situasi yang damai dan rukun.

“Menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai mahasiswa dan pemuda untuk menjunjung tinggi perbedaan dan toleransi. Oleh karena itu untuk menciptakan suasana yang damai dan rukun, Cipayung tengah menggagas upaya-upaya kampanye toleransi, sembari berharap masyarakat dapat mendukung upaya itu,” ungkapnya.

Sementara Ketua GmnI Pematangsiantar, Hexa Hutapea mengungkapkan keprihatianan terhadap kemunduran prestasi ini dan menilai kemunduran tak terlepas dari tanggung jawab pemerintah.

“Ini tak sekedar penurunan peringkat atau rangking, tapi bakal berdampak terhadap kondusivitas di masyarakat maka dari itu pemerintah harus menggandeng tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi mahasiswa, dan organisasi kepemudaan,” ungkapnya.

Sementara itu Rifky Pratama, Ketua PMII Pematangsiantar mengimbau, “Kita sebagai umat beragama tetap menjaga dan merawat keutuhan NKRI serta kesatuan sikap toleransi dan sikap saling menghargai satu sama lain, karena masyarakat Pematangsiantar terdiri dari berbagai suku agama dan budaya, marilah kita bersama merawat Kota Pematangsiantar agar terhindar dari perpecahan.”

Cipayung Pematangsiantar juga mengajak seluruh elemen masyarakat Kota Pematangsiantar untuk menjaga kondusifitas, serta meminta tokoh masyarakat membangun komunikasi satu sama lain, Cipayung juga berharap pemerintah Kota Pematangsiantar dapat membuat program yang bisa meningkatkan toleransi.(*)

Click to comment

Tinggalkan Komentar

Baca juga...

Sorot Publik

PIRAMIDA.ID- Veronica Koman lahir di Medan, 14 Juni 1988; umur 31 tahun adalah seorang pengacara dan pegiat hak asasi manusia (HAM) asal Indonesia yang...

Pojokan

Tia Lestari Sidabutar* PIRAMIDA.ID- Dua bulan sudah aku berada di sini. Rasanya aku telah menyatu dengan segala hal di desa ini dan nama Tiga...

Dialektika

Zaprulkhan* PIRAMIDA.ID- Apakah makna cinta sejati? Menurut Thich Nhat Hanh, dalam karya cemerlangnya “True Love”, dalam perspektif Buddisme, harus ada empat unsur untuk memenuhi...

Sopolitika

 Kristian Silitonga* PIRAMIDA.ID- “Sejumlah kecil orang yang memiliki energi lebih besar dari masyarakatnya yang letih. Memiliki kejernihan di tengah lautan kekeruhan pikiran di sekitarnya,...

Dialektika

Yudhie Haryono* PIRAMIDA.ID- Dalam salah satu tulisan yang sangat menyentuh, (almarhum) Arief Budiman menulis, ”Seorang intelektual yang bebas adalah seorang pejuang yang sendirian. Mula-mula...

Dialektika

May Luther Dewanto Sinaga* PIRAMIDA.ID- Coronakrasi? Mungkin beberapa orang akan bertanya-tanya terkait kata itu. Apa maknanya? Kenapa muncul? Dan apa pentingnya membahas kata itu?...

Pojokan

PIRAMIDA.ID– Beberapa waktu lalu, jagat laman facebook, khususnya Sumatera Utara, digegerkan dengan viralnya video (dugaan) persekusi disertai pengrusakan yang dilakukan segerombolan orang dari FPI...

Dialektika

Fitzerald Kennedy Sitorus* PIRAMIDA.ID- Saya sedang menulis buku tentang metafisika pada Kant dan Hegel. Saya mengawali bagian tentang Kant dengan cerita tentang gaya hidupnya....