Connect with us

Masukkan kata pencarian...

Dialektika

Menjadi Ibu Baru dan Krisis Identitas Profesional

PIRAMIDA.ID- Menjadi orang tua dapat mengubah seseorang. Peran dan identitas yang biasa diklaim – pengacara, wartawan, humas perusahaan – semuanya berada di urutan kedua setelah tanggung jawab baru menjadi seorang ibu.

Bagi sebagian orang, penataan ulang prioritas ini dapat menyebabkan krisis identitas. Hal ini terutama berlaku bagi wanita, karena alasan sosial dan neurologis cenderung merasakan perpecahan antara tuntutan rumah dan pekerjaan yang akut.

Janna Koretz, seorang psikolog klinis, berbicara tentang Rachel, seorang klien lamanya yang menjadi pedagang sukses dan tidak pernah gagal dalam apapun di hidupnya. Ia tidak pernah mengira bahwa menjadi ibu yang bekerja akan menjadi sesuatu yang tidak dapat ditangani. Mengerjakan tugas ganda di lingkungan stres yang tinggi ialah deskripsi pekerjaannya.

Namun, ketika Rachel kembali bekerja setelah cuti melahirkan, Rachel tidak bisa menyamai standar kantor dan merasa kehilangan peran di rumah.

Koretz mengatakan dalam Harvard Business Review bahwa penelitian terbaru tentang neurobiologi keibuan telah memberikan beberapa petunjuk mengapa ibu baru sering mengalami kesulitan untuk kembali bekerja.

Setelah melahirkan, beberapa perubahan neurologis dan struktural yang terjadi dapat menyulitkannya untuk mereplikasi fungsi sebelumnya dengan tepat.

Ibu baru mempunyai kemampuan luar biasa untuk menganalisis tangisan bayi dan menebak dengan tepat apa yang dibutuhkan bayi. Namun otak tidak tahu tentang lingkungan kerja modern.

Yang lebih mengerikan, adalah naluri yang dirasakan beberapa orang untuk seutuhnya menjadi ibu di atas pekerjaan lainya. Inilah yang menyebabkan bentrokan antara identitas menjadi ibu dan di dalam pekerjaan.

Memilih di antara dua identitas itu adalah hal yang sulit. Namun Koretz mengungkapkan ada dua hal yang bisa dipikirkan untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Pertama, pikirkan kembali kesuksesan.

“Anda dulu membidik efisiensi dan efektivitas maksimum. Sekarang, Anda harus melepaskan banyak hal dan menyesuaikan definisi kesuksesan Anda. Saya jamin Anda akan sukses jika Anda menghargai diri sendiri atas semua pekerjaan Anda di rumah. Untuk melakukannya, coba definisikan ulang “sukses” sebagai menyelesaikan pekerjaan baik di dalam maupun di luar kantor,” ucap Koretz.

Yang kedua, adalah pikirkan diri sendiri. Seiring berjalannya kehidupan, identitas akan banyak mengalami perubahan. Bahkan menjadi ibu baru, adalah identitas yang jauh diperluas maknanya.

“Menambahkan “orang tua” ke identitas Anda semestinya tidak mengharuskan Anda untuk meninggalkan bagian lama dari diri Anda,” tulis Koretz.

Memang tidak ada jawaban yang mudah menjadi ibu baru menurut Koretz. Namun hanya kerja keras untuk menjadi versi yang lebih baik dapat membantu memerangi krisis identitas yang sedang dialami.


Source: Harvard Business Review.

Click to comment

Tinggalkan Komentar

Baca juga...

Sorot Publik

PIRAMIDA.ID- Veronica Koman lahir di Medan, 14 Juni 1988; umur 31 tahun adalah seorang pengacara dan pegiat hak asasi manusia (HAM) asal Indonesia yang...

Pojokan

Tia Lestari Sidabutar* PIRAMIDA.ID- Dua bulan sudah aku berada di sini. Rasanya aku telah menyatu dengan segala hal di desa ini dan nama Tiga...

Dialektika

Zaprulkhan* PIRAMIDA.ID- Apakah makna cinta sejati? Menurut Thich Nhat Hanh, dalam karya cemerlangnya “True Love”, dalam perspektif Buddisme, harus ada empat unsur untuk memenuhi...

Sopolitika

 Kristian Silitonga* PIRAMIDA.ID- “Sejumlah kecil orang yang memiliki energi lebih besar dari masyarakatnya yang letih. Memiliki kejernihan di tengah lautan kekeruhan pikiran di sekitarnya,...

Dialektika

Yudhie Haryono* PIRAMIDA.ID- Dalam salah satu tulisan yang sangat menyentuh, (almarhum) Arief Budiman menulis, ”Seorang intelektual yang bebas adalah seorang pejuang yang sendirian. Mula-mula...

Dialektika

May Luther Dewanto Sinaga* PIRAMIDA.ID- Coronakrasi? Mungkin beberapa orang akan bertanya-tanya terkait kata itu. Apa maknanya? Kenapa muncul? Dan apa pentingnya membahas kata itu?...

Pojokan

PIRAMIDA.ID– Beberapa waktu lalu, jagat laman facebook, khususnya Sumatera Utara, digegerkan dengan viralnya video (dugaan) persekusi disertai pengrusakan yang dilakukan segerombolan orang dari FPI...

Dialektika

Fitzerald Kennedy Sitorus* PIRAMIDA.ID- Saya sedang menulis buku tentang metafisika pada Kant dan Hegel. Saya mengawali bagian tentang Kant dengan cerita tentang gaya hidupnya....