Connect with us

Masukkan kata pencarian...

Dunia

Pabrik Vaksin Covid-19 Sudah Dibangun, Siap Produksi 100 Juta Dosis Setahun

Batch pertama akan diberikan kepada petugas kesehatan di garis depan.

Di tengah para ilmuwan di belahan dunia lainnya berlomba untuk mengembangkan vaksin Covid-19, sebuah perusahaan China mengumumkan bahwa mereka telah membangun pabrik vaksin terbesar di dunia dengan kapasitas tahunan mencapai 100 juta dosis.

Fourth Construction Co., Ltd. dari China Electronics System Engineering membuat pernyataan pada hari Senin, 11 Mei 2020, mengklaim fasilitas produksi dengan Biosafety Level 3 (BSL-3) siap untuk memproduksi vaksin Covid-19 secara massal begitu terbukti aman dan efektif.

Menurut standar global, laboratorium atau fasilitas produksi dengan BSL-3 digunakan untuk pekerjaan yang melibatkan mikroba yang dapat menyebabkan penyakit serius dan berpotensi mematikan melalui pernapasan, seperti SARS atau MERS.

Seperti Apa?

Sebagai salah satu kontraktor yang membangun fasilitas produksi BSL-3, perusahaan yang berbasis di Hebei ini bertanggung jawab untuk struktur desain dan konstruksi baja, teknik pendingin udara, sistem pasokan air, dan lain-lain.

Mereka telah berpengalaman dalam membangun fasilitas produksi untuk perusahaan-perusahaan biomedis berskala global. Proyek yang telah mereka kerjakan melibatkan vaksin, produk darah, antibodi, terapi sel, dan insulin.

100 Juta Ampul

Pada bulan April, Sinovac Biotech Ltd Cina, yang mendapat izin untuk memulai uji klinis vaksin untuk virus corona baru, juga menyatakan akan menyiapkan fasilitas produksi baru tahun ini dengan segera setelah memperoleh lahan dan pinjaman.

Unitnya yang berbasis di Beijing berencana untuk membuat hingga 100 juta ampul per tahun jika vaksin tersebut terbukti efektif. Jika tidak berhasil, bangunan dan peralatan akan digunakan untuk membuat jenis vaksin lain.

Delapan Kandidat

Dalam dokumen terakhir Draft Landscape tentang kandidat vaksin COVID-19 yang dirilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 Mei, delapan kandidat telah masuk ke dalam evaluasi klinis, empat di antaranya dikembangkan oleh para peneliti China.

Vaksin Adenovirus Type 5 Vector, dengan metode yang digunakan oleh tim yang sama dalam mengembangkan vaksin Ebola pada 2017, telah memasuki uji klinis fase kedua.

Chen Wei, pengembang utaman Adenovirus Type 5 Vector, pada 25 April mengungkapkan kepada media China bahwa 508 sukarelawan telah diinokulasi selama fase kedua, dan sekarang sedang dalam proses observasi. Jika semuanya berjalan lancar, hasilnya akan dilihat pada bulan Mei.

80 Persen Yakin

Sementara itu, menurut pernyataan WHO bulan lalu, vaksin COVID-19 akan tersedia setidaknya 12 hingga 18 bulan lagi.

Namun dalam sebuah wawancara dengan CGTN pada bulan April, Dr. Gao Fu, kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) China, mengungkapkan vaksin mungkin siap untuk penggunaan darurat pada bulan September. Batch pertama akan diberikan kepada petugas kesehatan di garis depan.

Sarah Gilbert, profesor vaksinologi di University of Oxford, mengatakan kepada surat kabar Times of London bahwa vaksin mereka juga akan tersedia untuk umum pada bulan September.

Dia ’80 persen yakin’ bahwa vaksin yang dikembangkan timnya akan bekerja. Namun dia mengingatkan bahwa kerangka waktu seperti itu ‘hampir mungkin jika semuanya berjalan dengan lancar,’ menambahkan bahwa tidak ada menjanjikan bahwa hal itu akan berhasil.


sumber: Dream.co.id

Click to comment

Tinggalkan Komentar

Baca juga...

Sorot Publik

PIRAMIDA.ID- Veronica Koman lahir di Medan, 14 Juni 1988; umur 31 tahun adalah seorang pengacara dan pegiat hak asasi manusia (HAM) asal Indonesia yang...

Pojokan

Tia Lestari Sidabutar* PIRAMIDA.ID- Dua bulan sudah aku berada di sini. Rasanya aku telah menyatu dengan segala hal di desa ini dan nama Tiga...

Dialektika

Zaprulkhan* PIRAMIDA.ID- Apakah makna cinta sejati? Menurut Thich Nhat Hanh, dalam karya cemerlangnya “True Love”, dalam perspektif Buddisme, harus ada empat unsur untuk memenuhi...

Sopolitika

 Kristian Silitonga* PIRAMIDA.ID- “Sejumlah kecil orang yang memiliki energi lebih besar dari masyarakatnya yang letih. Memiliki kejernihan di tengah lautan kekeruhan pikiran di sekitarnya,...

Dialektika

Yudhie Haryono* PIRAMIDA.ID- Dalam salah satu tulisan yang sangat menyentuh, (almarhum) Arief Budiman menulis, ”Seorang intelektual yang bebas adalah seorang pejuang yang sendirian. Mula-mula...

Dialektika

May Luther Dewanto Sinaga* PIRAMIDA.ID- Coronakrasi? Mungkin beberapa orang akan bertanya-tanya terkait kata itu. Apa maknanya? Kenapa muncul? Dan apa pentingnya membahas kata itu?...

Pojokan

PIRAMIDA.ID– Beberapa waktu lalu, jagat laman facebook, khususnya Sumatera Utara, digegerkan dengan viralnya video (dugaan) persekusi disertai pengrusakan yang dilakukan segerombolan orang dari FPI...

Dialektika

Fitzerald Kennedy Sitorus* PIRAMIDA.ID- Saya sedang menulis buku tentang metafisika pada Kant dan Hegel. Saya mengawali bagian tentang Kant dengan cerita tentang gaya hidupnya....