Connect with us

Masukkan kata pencarian...

Dunia

Scientology, ‘Agama’ Baru yang Berkembang di Amerika Serikat

PIRAMIDA.ID- Buku L. Ron Hubbard berjudul Dianetics: The Modern Science of Mental Health laris pada tahun 1950. Pendiri Scientology itu mulanya memahawi Dianetika sebagai “ilmu pikiran”. Hubbard kemudian mengadaptasi teorinya ke dalam pendekatan yang lebih religius, Gereja Scientology.

Scientology telah menyebar dari asalnya di California Selatan ke seluruh Amerika Serikat dan dunia, menimbulkan banyak perdebatan di sepanjang jalan.

Pembaca pasca Perang Dunia II menerima klaim Hubbard soal penyembuhan pikiran. Itulah mengapa bukunya menjadi cepat laris.

Kelompok Dianetika tersebar di seluruh negeri dan luar negeri, bahkan ketika American Psychological Association dan organisasi lain mempertanyakan klaim Hubbard mengenai sifat ilmiah dari pendekatannya, dilansir dari laman History.

Pada tahun 1952, Hubbard memperkenalkan aspek baru dari proses audit: perangkat yang disebut elektropsikometer, atau E-meter, yang mengukur kekuatan arus listrik kecil yang mengalir melalui tubuh saat seseorang menjawab pertanyaan auditor.

Pengenalan E-Meter membantu menandai transisi Hubbard dari Dianetics ke Scientology, sebuah istilah yang katanya berasal dari bahasa Latin scio (studi) dan logo Yunani (mengetahui).

“Ilmu pengetahuan” baru ini menggunakan prinsip Dianetika dalam kerangka kerja yang berbeda. Ide Hubbard bukan pendekatan kesehatan mental, tetapi sekarang menjadi dasar bagi gerakan keagamaan baru.

Pada tanggal 18 Februari 1954, dokumen penggabungan diajukan di Los Angeles untuk Gereja Scientology of California, organisasi Scientology resmi pertama.

Amerika Serikat, rumah bagi mayoritas Scientology, telah mengakui Scientology sebagai agama, dengan Internal Revenue Service (IRS) yang menegaskan kembali status bebas pajak gereja pada tahun 1993 setelah penyelidikan yang berjalan lama.

Pada 2013, pengadilan tertinggi Inggris juga menegaskan status Scientology sebagai agama dengan memutuskan bahwa kelompok tersebut dapat mengadakan pernikahan di gerejanya di London.

Negara-negara lain telah menolak untuk melegitimasi iman tersebut: Jerman telah melarang para Ilmuwan memegang jabatan publik, sementara pada tahun 2009 pengadilan Prancis menyatakan bahwa gereja tersebut bersalah karena penipuan, tetapi tidak melarang sama sekali.

Pada tahun 2018, terdapat lebih dari 11.000 gereja, misi, dan kelompok di 184 negara, dan gerakan tersebut menyambut lebih dari 4,4 juta orang baru setiap tahun. Namun, para sarjana dan pengamat dari luar gerakan tersebut mengatakan jumlah ilmuwan yang mempraktikkan mungkin lebih rendah dari yang diklaim gereja, mungkin berjumlah ratusan ribu di seluruh dunia.


Sumber: National Geographic Indonesia

Click to comment

Tinggalkan Komentar

Baca juga...

Sorot Publik

PIRAMIDA.ID- Veronica Koman lahir di Medan, 14 Juni 1988; umur 31 tahun adalah seorang pengacara dan pegiat hak asasi manusia (HAM) asal Indonesia yang...

Pojokan

Tia Lestari Sidabutar* PIRAMIDA.ID- Dua bulan sudah aku berada di sini. Rasanya aku telah menyatu dengan segala hal di desa ini dan nama Tiga...

Dialektika

Zaprulkhan* PIRAMIDA.ID- Apakah makna cinta sejati? Menurut Thich Nhat Hanh, dalam karya cemerlangnya “True Love”, dalam perspektif Buddisme, harus ada empat unsur untuk memenuhi...

Sopolitika

 Kristian Silitonga* PIRAMIDA.ID- “Sejumlah kecil orang yang memiliki energi lebih besar dari masyarakatnya yang letih. Memiliki kejernihan di tengah lautan kekeruhan pikiran di sekitarnya,...

Dialektika

Yudhie Haryono* PIRAMIDA.ID- Dalam salah satu tulisan yang sangat menyentuh, (almarhum) Arief Budiman menulis, ”Seorang intelektual yang bebas adalah seorang pejuang yang sendirian. Mula-mula...

Dialektika

May Luther Dewanto Sinaga* PIRAMIDA.ID- Coronakrasi? Mungkin beberapa orang akan bertanya-tanya terkait kata itu. Apa maknanya? Kenapa muncul? Dan apa pentingnya membahas kata itu?...

Pojokan

PIRAMIDA.ID– Beberapa waktu lalu, jagat laman facebook, khususnya Sumatera Utara, digegerkan dengan viralnya video (dugaan) persekusi disertai pengrusakan yang dilakukan segerombolan orang dari FPI...

Dialektika

Fitzerald Kennedy Sitorus* PIRAMIDA.ID- Saya sedang menulis buku tentang metafisika pada Kant dan Hegel. Saya mengawali bagian tentang Kant dengan cerita tentang gaya hidupnya....